EPOXY FLOORING (EPOXY LANTAI)

By | June 26, 2020

Epoxy adalah material yang berfungsi sebagai sealant (pelapis) untuk lantai beton. Cat epoxy, secara material, merupakan produk akrilik lateks yang memiliki sejumlah kecil epoxy dalam campurannya. Produk-produk ini memiliki daya lekat dan daya tahan yang lebih baik daripada cat akrilik standar, tetapi berbeda dengan pelapis lantai epoxy.

Di sisi lain, pelapis lantai epoxy memiliki ketahanan selama beberapa tahun lamanya. Sistem pelapisan ini tahan lama, tahan terhadap abrasi, bahkan di area yang lalu lintasnya padat, serta juga tahan bahan kimia. Pelapis ini tidak berpori, tidak akan mengelupas, dan juga tidak licin. Namun, pelapis lantai epoxy agak membutuhkan lebih banyak proses pengerjaan, mulai dari persiapan, aplikasi primer, hingga finishing.

Metode Pekerjaan Epoxy Lantai :

  1. Persiapan Permukaan Lantai . Aplikator Epoxy Lantai profesional menjalankan prosedur persiapan substrat, ini diperlukan untuk memastikan adhesi antara cat epoxy lantai dan substrat. Metode yang cocok adalah pengamplasan atau grinding. Permukaan yang terkontaminasi dengan minyak mungkin juga membutuhkan pembersihan kimia.
  2. Membersihkan lantai dari debu. Gunakan vakum industri untuk membersihkan lantai dari debu. Lantai harus dibersihkan dari semua debu dan residu sebelum mulai pelapisan cat primer. Jika tidak, Anda akan memiliki berbagai partikel terperangkap di dalam coating dan adhesi akan melemah secara signifikan. Semakin sedikit debu mikro di permukaan, semakin sedikit pula cat primer yang dibutuhkan.
  3. Melapis lantai dengan cat primer. Selalu pastikan untuk melapis primer lantai, jangan percaya klaim bahwa melapis primer tidak diperlukan. Melapis primer akan membuat lantai memiliki daya tahan lebih dan berumur lebih panjang serta memiliki adhesi yang lebih baik ke substrat. Cat primer akan melapis substrat dan menghilangkan risiko gelembung dan gas. Melapis primer juga membantu mengurangi jumlah cat yang akan dibutuhkan di tahap selanjutnya. Pastikan bahwa area tersebut berventilasi baik.
  4. Mengaplikasi lapisan pertama cat epoxy Lakukan pencampuran 2 komponen epoxy, yakni resin epoxy dan hardener (pengeras). Gunakan mixer listrik dan aduk rata setidaknya selama dua menit. Jangan berhemat pada pencampuran, Langkah ini sangat penting.
  5. Terapkan cat epoxy dengan roller. Gunakan roller yang berkualitas baik, karena roller berkualitas buruk dapat mudah terlepas. Kemudian harus dapat melapisi kembali setelah 24 jam. Keesokan harinya kita mungkin memperhatikan berbagai masalah yang muncul seperti retakan, lubang, dll. Pastikan untuk menambalnya sebelum memulai lapisan berikutnya. Perlu mengamplas beberapa permukaan yang tidak rata yang muncul setelah lapisan pertama. Jika perlu, tunggu hingga benar-benar kering sebelum dilapisi kembali.
Metode Pekerjaan Epoxy

5 Manfaat pelapis epoxy lantai

Pelapis epoxy dapat digunakan di lantai untuk bangunan komersial, trotoar, bahkan di dinding atau langit-langit gedung bertingkat, dan paling sering digunakan di lantai garasi. Berikut adalah manfaat dari penggunaan pelapis lantai epoxy:

  1. Daya tahan yang lebih baik: Lantai beton yang dilapisi epoxy bertahan lebih lama dibandingkan yang dilapisi cat biasa, sehingga menghemat uang dan memungkinkan Anda bisa fokus mengelola bisnis lainnya.
  2. Kuat dan tahan lama: setelah epoxy diubah menjadi polimer padat, epoxy menjadi sangat kuat dan mencegah kerusakan kimia.
  3. Menghemat waktu: pelapis lantai epoxy biasanya cepat dan mudah dipasang, yang berarti lebih sedikit waktu untuk mematikan produksi instalasi jika digunakan di pabrik (shut down time).
  4. Nilai estetika tinggi: pelapis lantai epoxy biasanya tersedia dalam berbagai warna dan pola agar sesuai dengan gaya spesifik Anda.
  5. Tahan korosi dan bahan kimia: pelapis epoxy dapat bertahan meski terus terpapar bahan kimia, sehingga sangat cocok untuk gudang atau tanaman yang mungkin terkena bahan tersebut.

Beberapa Produk Material Yang Digunakan :

  1. Propan
  2. Fanos
  3. Decolux
  4. Sika
  5. BASF
  6. Fosroc
  7. Pentens
  8. dll.
Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *